TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Teknologi Hasil Perikanan (THP) merupakan salah satu jurusan yang terdapat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Faperika). Yang berdasarkan SK Dirjen Dikti No. : 61/Dikti/Kep/2002 tanggal 13 Desember 2002, THP mulai diberlakukan di Faperika. Dan merupakan perubahan dari Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan yang dibuka pertama kalinya pada tahun 1979. Dalam perkembangannya mengalami banyak perubahan-perubahan sesuai dengan industri perikanan yang semakin meningkat.
Oleh karena itu, THP memerlukan peningkatan mutu sarjana-sarjana yang mampu bersaing di dunia kerja. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan visi dan misi yang jelas. Adapun isi visi dari Jurusan THP adalah untuk mengembangkan sumber daya perairan terutama pengembangan teknologi pengolahan hasil perairan sesuai dengan kebutuhan untuk kesejahteraan masyarakat. Sedangkan misi dari Jurusan THP adalah untuk menghasilkan jurusan atau sarjana yang berkualitas di dalam teknologi pengolahan hasil perairan melalui pendidikan dan pengajaran, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
THP juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat. Manfaatnya adalah untuk menciptakan dan mengembangkan produk hasil perairan itu sendiri, sebagai penyedia bahan pangan yang aman dikonsumsi masyarakat, memberikan perpanjangan masa simpan pangan dalam bidang perikanan dan untuk pemenuhan gizi masyarakat akan vitamin-vitamin yang dikandung dalam ikan tersebut serta juga dapat meningkatkan perekonomian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar